0
(0)

Setelah menunggu berminggu-minggu, pemasangan ratusan bronjong Sungai Tanggul di Dusun Krajan, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, akhirnya selesai dikerjakan. Selesainya pemasangan bronjong tersebut membuat Yanto, 45, dan Maryanto, 49, warga setempat akhirnya bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, rumah mereka nyaris hancur terdampak longsor tebing Sungai Tanggul, tahun lalu.

Menurut Yanto, dengan dipasangnya bronjong ini dirinya bisa lebih tenang. Sebelum ini, rumahnya ambrol di bagian kamar belakang dan dapur. Hal senada juga disampaikan Maryanto, tetangga Yanto yang hanya tinggal terasnya saja. “Sementara, selama setahun lebih, saya memilih numpang di rumah saudara,” ujar Yanto.

Selain pemasangan bronjong, pemasangan tangkis dan penyudetan sunga yang dikembalikan ke asalnya juga selesai dikerjakan. Sehingga setelah sungai itu disudet dan dipecah, maka rumah sudah aman.

Pemasangan brojong dan pembuatan tangkis itu dikerjakan sekitar 1,5 bulan. Baik Maryanto maupun Yanto mengaku, dengan bronjong yang sudah dipasang ini mereka akan merasa lebih aman dan nyaman. “Hanya saja, untuk mengembalikan dapur yang sudah ambrol, masih harus ditutup dengan tanah dulu. Karena tanah yang ada sebelumnya sudah tergerus akibat banjir sekitar lima meteran,” pungkasnya.

 

Sumber : Jawapos

138 Views

Apakah artikel ini membantu ?

Silahkan beri rating jika bermanfaat.

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.